Sejarah Candi Gebang yang harus Anda ketahui

Cerita, Relief dan Bangunan Candi Gebang Peninggalan Nusantara, Yogyakarta.

Menghubungkanmu dengan Yogyakartag

Candi Gebang merupakan salah satu warisan budaya yang sangat menarik untuk menjadi referensi wisata Anda. Tapi taukah Anda nilai sejarah yang bisa Anda dapati dari Situs budaya tersebut?  yojolink.com akan mengulasnya untuk Anda, semua informasi didapatkan langsung dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta (BPCB).

Sejarah berdirinya Candi Gebang belum diketahui secara pasti. Hal tersebut disebabkan adanya keterbatasan validitas data-datanya, akan tetapi dapat dipastikan bahwa Candi Gebang bersifat Hinduistis. Hal ini dapat di­ketahui dengan adanya temuan Lingga, Yoni, dan arca Ganesa.  Di samping itu, berdasarkan atas bentuk kaki candi yang mempunyai proporsi tinggi menunjukkan bahwa Candi Gebang berasal dari periode yang tua (±730 – 800 M).  Menurut van Romondt, Candi Gebang yang ”kecil” tersebut berasal pada masa awal Jawa Tengah.

Candi Gebang berdenah bujur sangkar dengan ukuran 5,25 x 5,25 m dan tinggi 7,75 m. Pada kaki candi tidak terdapat relief. Salah satu keistime­waan Candi Gebang adalah  tidak ditemukannya tangga masuk, kemungkinan tangga masuk terbuat dari kayu atau bahan lain yang mudah rusak, sehing­ga sampai sekarang tidak ditemukan kembali. Keistimewaan lainnya adalah titik pusat candi yang bertepatan dengan titik pusat halaman candi.

Bangunan Candi Gebang menghadap ke arah timur yang di dalamnya terdapat Yoni, di kanan-kiri pintu masuk terdapat relung dengan arca Nandiswara, sedangkan relung yang berisi Mahakala, arcanya tidak ada. Relung di sisi utara dan selatan dalam kea­daan kosong. Di sebelah barat terdapat relung yang diisi de­ngan arca Ganesa yang duduk di atas sebuah Yoni. Ganesa disebut juga Wighneswara yang bertugas menghilangkan segala rintangan.

*Sumber : Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta

Mau kesana tanpa nyasar? Klik Tombol di bawah.

button-151586_640

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

path-2 Created with Sketch.